Jumat, 12 Februari 2010

Makna Siang dan Malam (Kejadian 1:4)

Pertanyaan:

Siang danMalam apa yg dimaksud dipisahkan Allah dalam ayat itu ? ? ?...sedangkan dalam ayat itu matahari belum ada sebagai sumber cahaya. Mari berikan apolegetmu menyanggah perkataan

kehadiran silluq pada akhir kalimat pada ayat satu menunjuk bahwa ayat satu itu menyatakan satu peristiwa komplit yg berbeda dengan peristiwa ayat dua selanjutnya.

pada ayat dua ada kelanjutan peristiwa ayat satu menceritakan ada peristiwa akhir dari ayat satu, sehingga dalam ayat 2 itu ada peristiwa pengulangan. dan itu dapat diketahui dari kata tohuu wa baabohuu (berantakan dan didalam kacau balau) ......dan sekitarnya itu tidak teratur dan kacau balau)

peritiwaa itu dijelaskan kata hi yg berkontruk setelah kata ba sebagai preposisi. = jadi yg ada( itu) berantakan dan didalam kacau balau ... Lihat Selengkapnya

ayat 3 ada berfirman yhiy 'or (kata terang disini tidak dapat diartikan secara harafiah karena ada dihadirkan tanda maqqek dan membentuk kata itu yg sejajar dengan kata mejemuk.. juga sebelum kata hubung wa ada awalan hi yg berkontruk memperjelas ada obyek tidak langsung sedang dibicarakan.

ayat 4: digunakan kata et-ha'or = kata yg mendapat pembubuhan maqqep tanpa ada kata berkonstruk artinya kalimat langsung menjelaskan pada ayat 3

jadi terang yg dimaksud dalam ayat itu tentu bukan lagi kata siang dan malam tetapi berbicara teratur dan ketidak terraturan , itu merupakan imbas dari ayat 2.

jadi sesunggunhnya secara makna pada hari pertama itu Allah memisahkan ketidak teraturan itu atau menata kembali kekacau balauan itu. ilustrasinya sepetti kata : rumah sakit, tentu kata itu tidak dapat diartikan secara harfian.. rumah sakit .. yg berarti ada rumah yg sakit.

ilustrasi lain ilustrasi ayat 2,3 dan 4, seperti seorang pelukis sedang membuat kisi2 pada kain kanfasnya untuk membentuk satu obyek yg akan diharapkan dilukis selanjutnya.

Jadi:

Dari pembahasan di atas (kejadian 1:4) tentu ayat itu tidak kontradiksi dengan ayat ayat lain.

jadi :

dapatkah dikatakan Kejadian 1:4 itu dongeng.....? NONSEN BESAR.....! ! ! PENDUSTA BESAR .....! ! !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar